Pada postingan yang telah lalu kita telah mengetahui jenis-jenis i'rob da pembagian i'rob serta telah dijelaskan tanda-tanda i'rob rofa,pada kali ini kita akan melanjutkan pembahasan yang telah lalu,yaitu pembagian i'rob yang kedua yaitu i'rob nasob,Berapa tanda-tanda i'rob nasob? dalam kitab aljurumiyyah dijelsakan :
وللنصب خمس علامة الفتحة والألف والكسرة والياء وحذف النون. فأما الفتحة فتكون علامة للنصب في ثلاثة المواضع في الأسم المفرد وجمع التكسير والفعل المضارع إذا دخل عليه ناصب ولم يتصل بآخره شيء.
I’rob Nasob memiliki Lima tanda, yaitu; Fathah, Alif, Kasroh, Ya’ dan membuang Nun. Adapun Fathah menjadi tanda I’rob Nasob berada pada tiga tempat, yaitu; didalam isim mufrod, jama’ taksir dan fiil mudori yang kemasukan amil Nasob, yang ahirnya tidak bertemu sesuatu apa pun.
(في الأسم المفرد) سواء كان إعرابه ظاهرا كرأيت زيدًا أو مقدرا كرأيت الفَتَى
(isim mufrod) baik I’robnya isim mufrod tersebut nampak jelas seperti lafadz رأيت زيدًا (saya melihat satu zaid), atau I’robnya dikira-kirakan seperti contoh رأيت الفَتَى (saya melihat satu pemuda).
(وجمع التكسير) سواء كان الإعراب فيه ظاهرا كما في رأيت الرجالَ أو مقدرا كرأيت الأسارَى
(والفعل المضارع) نحو أن يضربَ ولن يدعوَ
وأما الأ لف فتكون علامة للنصب في الأسماء الخمسة نحو رأيت أَبَاكَ وأَخَاكَ وما أشبه ذلك
Adapun Alif menjadi tanda I’rob nasob bertempat pada Asmaul khomsah, contohnya seperti رَأَيْتُ أَبَاكَ (saya melihat bapakmu) dan seperti contoh رأيت أَخَاكَ (saya melihat saudaramu) dan sesamanya.
(في الأسماء الخمسة) بالشروط السابقة
(asmaul khomsah) dengan syarat-syarat yang sudah dahulu (yaitu; ada empat syarat, pertama harus mufrod, kedua mukabbar/tidak di tasghir, ketiga mudhofah/dimudofkan, dan kempat dimudofkannya pada selain ya’ mutakalim).
وأما الكسرة فتكون علامة للنصب في جمع المؤنث السالم
Dan adapun kasroh sebagai tanda I’rob Nasob bertempat pada jama’ muanas salim.
(في جمع المؤنث السالم) وهو ما جمع بألف وتاء مزيدتين نحو خَلَقَ الله السَمَوَاتِ
(jama muanas salim) yaitu lafadz yang dijama’kan dengan menggunakan Alif dan ta’ tambahan contohnya خَلَقَ الله السَمَوَاتِ (Allah menjadikan beberapa langit).
وأما الياء فتكون علامة للنصب في التثنية والجمع
Ya’ menjadi tanda Irob Nasob bertempat pada Isim Tasniyah dan Jama’ Mudzakar Salim.
(في التثنية) مثاله رأيت الزَيْدَيْنِ, فهو منصوب بالياء المفتوح ما قبلها المكسور ما بعدها
(fit-tasniyah) contohnya ya’ menjadi tanda I’rob Nasob pada Isim Tasniyah seperti lafadz رأيت الزَيْدَيْنِ (saya melihat dua zaid), lafadz الزَيْدَيْنِ ini di Nasobkan dengan tanda ياء, juga dibaca fathah huruf sebelumnya ياء dan dibaca kasroh huruf setelahnya.
(والجمع) مثاله رأيت الزَيْدِيْنَ, فهو منصوب بالياء المكسور ما قبلها المفتوح ما بعدها.
(Wal-jam’u) contoh Ya’ yang menjadi tanda dari jama’ mudzakar salim ketika dibaca Nasob seperti lafadz رأيت الزَيْدِيْنَ (saya melihat beberapa zaid), lafadz الزَيْدِيْنَ ini dinasobkan menggunakan tanda Ya’ yang dikasroh huruf sebelumnya dan dibaca fathah huruf setelahnya.
وأما حذف النون فيكون علامة للنصب في الأفعال الخمسة التى رفعها بثبات النون
(al-jam’u) contoh Ya’ yang menjadi tanda dari jama’ mudzakar salim ketika dibaca Nasob seperti lafadz رأيت الزَيْدِيْنَ (saya melihat beberapa zaid), lafadz الزَيْدِيْنَ ini dinasobkan menggunakan tanda Ya’ yang dikasroh huruf sebelumnya dan dibaca fathah huruf setelahnya.
(في الأفعال الخمسة) أي في الفعل المضارع إذا اتصل به ألف الإثنين نحو لن يضربَا, أو اتصل به واو الجماعة نحو لن يضرِبُوا, أو اتصل به ياء المؤنث المخاطبة نحو لن تضربِيْ.
(Afalul khomsah) Artinya didalam fiil mudori yang bertemu dengan Alif Tasniyah contohnya لَنْ يَضْرِبَا (asalnya sebelum kemasukan amil nasob يَضْرِبَانِ), atau bertemu dengan wawu jama’ contohnya lafadz لَنْ يَضْرِبُوا (asalnya sebelum kemasukan amil nasob يَضْرِبُوْنَ), atau ketika bertemu dengan Ya’ Muanas Muhotobah contoh lafadz لَنْ تَضْرِبِيْ (asalnya sebelum kemasukan amil Nasob تَضْرِبِيْنَ).I'rob Khofad beserta tanda-tandanya
وللخفض ثلاث علامة الكسرة والياء والفتحة. وأما الكسرة فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع في الإسم المفرد المنصرف وجمع التكسير المنصرف وجمع المؤنث السالم
(في الإسم المفرد) سواء كان جرّه ظاهرا نحو مررت بزيدٍ, أومقدرا نحو مررت بالفتَى, وسواء كان التقدير للتعذير كالمثال المذكور, أو للثقل نحو مررت بالقاضِي
(وجمع التكسير المنصرف) سواء كان ظاهرا الإعراب كمررت بالرجالِ أومقدر الإعراب كمررت بالجوارِي والأسارِى
(jama taksir munsorif) baik adanya jama’ taksir tersebut nampak jelas I’robnya seperti lafadz مَرَرْتُ بِالرِّجَالِ (saya lewat bertemu dengan beberapa laki-laki), atau I’robnya dikira-kirakan seperti contoh مَرَرْتُ بِالْجَوَارِي (saya lewat bertemu beberapa perempuan muda) atau contoh مَرَرْتُ بِاْلأُسَارَى (saya lewat bertemu dengan beberapa wanita boyongan).
(وجمع المؤنث السالم) ولا يكون إلا منصرفا ما لمْ يكون علما؛ فإن كان علما جاز فيه الصرف وعدمه, فيجر بالكسرة مع التنوين نحو مررت بهنداتٍ, أو بدون تنوين نحو مررت بهنداتِ, أو يجر بالفتحة مع منع الصرف نحو مررت بهنداتَ, ففيه ثلاثة أعاريب.
(jama muanas salim) semua dari jama’ muanas salim itu menerima tanwin / munsorif selam bukan berupa isim Alam; maka ketika jama’ muanas salim berupa isim alam itu boleh menerima tanwin atau pun tidak, maka bisa dijarkan dengan menggunakan kasroh besertaan tanwin contohnya مَرَرْتُ بِهِنْدَاتٍ (saya lewat bertemu beberapa hindun), atau dengan tanpa ditanwin contoh مَرَرْتُ بِهِنْدَاتِ, atau dijarkan dengan menggunakan fathah dan tidak ditanwin seperti lafadz مَرَرْتُ بِهِنْدَاتَ, artinya jama’ muanas salim yang berupa isim alam itu mempunyai 3 (tiga) I’rob.
وأما الياء فتكون علامة للخفض في ثلاثة مواضع؛ في الأسماء الخمسة وفي التثنية والجمع
Adapun Ya’ menjadi tanda I’rob Khofdl berada pada tiga tempat, yaitu: Asma’ul khomsah, Isim tasniyah, Jama’ mudzakar salim.
(في الأسماء الخمسة) نحو مررت بأَبِيْكَ واَخِيْكَ
(Asma’ul khomsah) contohnya Ya’ yang menjadi tanda Asma’ul khomsah tingkah khofdl seperti lafadzمَرَرْتُ بِأَبِيْكَ (saya lewat bertemu dengan bapakmu) dan lafadz مَرَرْتُ بِأَخِيْكَ (saya lewat bertemu saudaramu).
(وفي التثنية) نحو مررت بالزيدَيْنِ
(fi tasniyah) contoh dari ya’ yang menjadi tanda I’rob khofdl dalam isim tasniyah seperti lafadz مَرَرْتُ بِالزَّيْدَيْنِ (saya lewat bertemu dengan dua zaid).
(والجمع) نحو مررت بالزيدِيْنَ
(wal Jam’u) contohnya jama’ mudzakar salim yang ditandai ya’ ketika tingkah khofdl مَرَرْتُ بِالزَّيْدِيْنَ (saya lewat bertemu beberapa zaid).
وأما الفتحة فتكون علامة للخفض في الإسم الذي لاينصرف
Adapun fathah menjadi tanda I’rob khofdl bertempat pada isim ghoiru munsorif (isim yang tidak menerima tanwin).
(في الإسم الذي لاينصرف) وهو كل إسم أشبه الفعل في علتين فرعيتين ترجع إحداهما الى اللفظ والأخرى إلى المعنى كأحمدَ؛ فالراجعة الى اللفظ وزن الفعل, والراجعة الى المعنى العلمية؛ وكذلك إذا وجد في الإسم علة تقوم مقام علتين كما في صيغة المنتهى الجموع؛ وهو كل اسم بعد الألف تكسيره حرفان, سواء كان في أوله الميم كالمَسَاجِدَ أولا كصَوَامِعَ, أو بعد ألف تكسيره ثلاثة أحرف أوسطها ساكن سواء كان أوله الميم كمَصَابِيْحَ أولا كقَنَادِيْلَ وشَيَاطِيْنَ وعَفَارِيْتَ.
(fil ismi …) yaitu setiap isim yang menyerupai pada fiil didalam memiliki dua ilat fariyah (dua sebab yang bersifat cabangan), yang satu kembali pada lafadz dan yang lain kembali pada makna seperti lafadz أَحْمَدَ. Maka lafadz أَحْمَدَ yang kembali pada lafadz ialah wazan fiilnya, dan yang kembali pada ma’nanya adalah Alamiyahnya (nama seseorang). Dan seperti halnya keterangan diatas yaitu; ketika didalam isim tersebut ditemukan 1 (satu) ilat yang menempati tempatnya dua ilat seperti sighot muntahal jumu’, yaitu; setiap kalimah isim yang setelah Alif taksirnya ada dua huruf, baik awalnya berupa huruf Mim seperti lafadz المَسَاجِدَ (beberapa masjid), atau tidak diawali huruf Mim seperti contoh صَوَامِعَ (beberapa musola). Atau setelah Alif taksirnya terdapat tiga huruf, yang tengah-tengah berharokat sukun (huruf mati), baik diawali dengan huruf Mim seperti lafadz مَصَابِيْحَ (beberapa lampu), atau tidak diawali huruf Mim contoh seperti lafadz قَنَادِيْلَ (beberapa lentera), شَيَاطِيْنَ (beberapa setan) dan lafadz عَفَارِيْتَ (beberapa jin ifrit).
وللجزم علامتان السكون والحذف. فأما السكون فيكون علامة للجزم في الفعل المضارع الصحيح الآخر
وأما الحذف فيكون علامة للجزم في موضعين؛ في الفعل المضارع المعتل الآخر وفي الأفعال التي رفعها بثبات النون
(في الفعل المضارع الصحيح الآخر) وهو ما ليس في آخره واو أو ياء أو ألف نحو لم يضربْ ولم يأكلْ ولم يشربْ
(fiil mudori sohih ahir) yaitu setiap fiil mudori yang ahirnya bukan berupa huruf Wawu, Ya’, atau Alif. Contohnya seperti lafadz لَمْ يَضْرِبْ (seseorang tidak akan memukul), لَمْ يَأْكُلْ (seseorang tidak lagi makan), atau lafadz لَمْ يَشْرَبْ (seseorang tidak akan minum).
(في الفعل المضارع المعتل الآخر) بأن كان في آخره واو كيدعو أو ألف كيخشَى أو ياء كيرمِي؛ فتقول لم يدعُ ولم يخشَ ولم يرمِ
(fiil mudore mu’tal ahir) dengan gambaran pada ahirnya fiil mudori tersebut berupa huruf Wawu seperti halnya lafadz يَدْعُو, atau berupa alif seperti lafadz يَخْشَى, atau berupa huruf ya’ seperti contoh يَرْمِي. Maka ketika dibaca jazem engkau ucapkan menjadi lafadz لَمْ يَدْعُ, لَمْ يَخْشَ dan لَمْ يَرْمِ
(في الأفعال التي رفعها بثبات النون) نحو لم يَفْعَلاَ ولم تَفْعَلُوْا ولم تَفْعَلِيْ
(fil-af’al alati …) contohnya seperti lafadz لَمْ يَفْعَلاَ (ketika rofa يَفْعَلاَنِ), لَمْ تَفْعَلُوْا (ketika rofa تَفْعَلُوْنَ) dan Lafadz لَمْ تَفْعَلِيْ (ketika rofa تَفْعَلِيْنَ).
demikian lah penjelasam tanda-tanda i'rob nasob, i'rob jar,dan i'rob Jazm yang telah di ambil dari taqrirot kitab aljurumiyyah.
EmoticonEmoticon